Jangan Takut Akan Gelap :)

12:25 PM



Dari Ibnu Umar, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian meninggalkan api yang menyala ketika kalian tidur." ( HR. Bukhari )  
Dari Jabir bin Abdullah, bahwasannya Rasulullah bersabda, "Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian." ( HR. Bukhari dan Muslim) 
Sebelumnya pernah ada yang denger dua hadist di atas ga?  kalo belum pernah, ya itu aku kasih tau.. hehe.. hadist itu mengacu pada manfaat kita tidur dalam keadaan gelap.
hmm.. ternyata Rasul nyuruh kita bobok dalam keadaan gelap itu memang ada manfaatnya loo buat kesehatan tubuh kitaa. Bagi kalian yang suka bobo gelapgelapan, ngerasa ga sih kalo tidurmu tuh nyamaan banget.. kalo ada cahaya malah kerasa ga nyaman banget. aku sih suka. jadi aku tau banget rasanya.
lagian memang sudah terbukti ko secara ilmiah, kalo cahaya (lampu dan pancaran dari layar tv) itu ngaruh banget sama penurunan kadar hormon melatonin dalam tubuh kita. Jadi bisabisa daya tahan tubuh ini akan menurun, trus badan bakal berasa lemes deh.
Pernah ga sih kalian ngerasa bobo dalam keadaan tv masih nyala, trus bobonya tuh lama, tapi pas udah bangun yang kerasa bukan seger, malah lemes ga karuan gitu lah.. Nah itu salah satu akibatnya.

"Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari." (Q.S. Al-An'aam : 60)


Hmm ada lagi..
Para ahli biologi dan ilmuwan bilang, kalo nyalain lampu atau nonton tv pas mau bobok itu, ada dampak jam biologis tubuh trus bisa jadi pemicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.
Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik jadi duakali dalam kurun waktu 40 thn terakhir. Sebuah persidangan tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang yang menderita kanker itu akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari. (lengkapnya ada disini)

Yuk, kembali bahas hormon melatonin yang sempet kesebut tadi di atas :) Lebih tepatnya kita bahas cara kerjanya yaah :)
Hormon melatonin itu dihasilkan lebih bnyak pada saat berada dalam lingkungan gelap. trus kalo uda menghasilkan hormon ini, emang kenapa?
nah, hormon ini bertugas untuk ngaktifin reseptor-reseptor tubuh yang akan menimbulkan efek kimiawi dan biologis, seperti timbul rasa kantuk, suhu tubuh menurun, dan penurunan aktivitas kerja sebagian besar organ tubuh, kecuali otak dan sistem kekebalan tubuh. 
Jadi, tubuh pun siap memasuki fase istirahat. Keadaan hening dan gelap akan membuat produksi hormon melatonin yang dihasilkan mencapai ambang optimal dan tidur pun jadi terasa nyenyak serta berkualitas. :)

(Ingatlah) ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripadaNya. (Q. S Al-Anfaal : 11)

Kadar melatonin berangsur-angsur meningkat dan mencapai puncaknya tepat pada waktu tengah malam dan kemudian berangsur-angsur menurun hingga 2/3 malam.  Saat kita bobok dengan nyenyaknya, tubuh kita ini tetap fokus kerja loh :) tubuh ini bekerja untuk proses perbaikan jaringan sel" yang rusak, trus diregenerasi deh .. trus juga ngaktifin kerja otak menjadi lebih optimal.. subhanallah :)

"Hai orang - orang yang berselimut, bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (darinya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu . Dan bacalah Al-Qu'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya, Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. Sesungguhnya, bangun di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya, kamu pada waktu siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak)." (Q.S. Al-Muzammil : 1-7)

Pernah ga kalian ngalamin susah bobok (insomnia), sakit kepala, susah konsentrasi, gampang capek? Nah, itu adalah beberapa gejala dari kekurangan produksi hormon melatonin. jadi.. apa masih takut untuk bobok dalam keadaan gelap-gelapan? hehe :)
Allah menciptakan segalanya memang ada maksudnya. termasuk menciptakan siang dan malam. Kita sebagai hamba Allah memang diciptakan oleh Allah untuk tidur di waktu malam dan terjaga di waktu siang. 

Rasa kantuk yang diberikan Allah untuk kita itu merupakan anugerah loh.. sebagai pertanda untuk segera beristirahat dan Allah menjadikan waktu tidur sebagai rahmat demi kebaikan dan kelangsungan hidup hamba-hambaNya. :)

"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat."  (Q.S. An-Naba` : 9)



oh ya.. anw, kak Duta sama Tasya emang bener loh.. mereka kan pernah nyanyi kayak gini .. :)

Hai kawan, jangan takut, jangan resah 
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
.... .... 

S'makin cepat kita tidur
S'makin cepat kita bertemu kembali
.... ....

Berdoalah sebelum kita tidur 
Jangan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa dioakan mama papa kita

Jangan takut akan gelap
Karna gelap melindungi diri kita dari kelelahan


Eitts.. tapi buat kalian yang emang hobinya tidur, jangan lama" juga buat tidur yah, ntar rejekinya keburu dipatok ayam.. hehehe :p
udah dijelasin kan tadi waktu tidur yang baik itu kayak apa.. :)
memang segala sesuatu yang "terlalu" itu ga baik kok. termasuk terlalu lama bobok :)


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images